10 Tips Hemat Tanggal Tua Paling Jitu 2019

10 Tips Hemat Tanggal Tua Paling Jitu 2019

Sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2019, apa selama ini kamu merasa boros? Khususnya pada tanggal tua? Kalau begitu ada beberapa cara berhemat di tanggal tua yang mesti kamu ubah nanti pada tahun yang baru. Tanggal tua merupakan masa yang biasanya ditakuti orang banyak, sebab biasanya keuangan sudah mulai menipis pada masa ini. Tidak jarang akhir bulan, banyak orang yang akan lebih sering menghabiskan waktunya di rumah dibandingkan di luar. Hal ini tentu demi mengurangi pengeluaran sebelum gajian berikutnya datang. Salah satu cara untuk menekan pengeluaran adalah dengan begitu, berdiam diri di rumah. Apakah kamu juga salah satu yang melakukan hal ini juga? Tanggal tua memang pahit kalau keuangan sudah sangat menipis. Oleh karena itu, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyikapi tanggal tua atau akhir bulan.

 

tips hemat tanggal tua
Phinemo

 

Namun, masih banyak cara yang lebih efektif demi berhemat saat kamu mulai memasuki akhir bulan. Tips hemat di tanggal tua ini tidak seperti tips pada umumnya, melainkan lebih realistis dan bisa kamu jalani dengan mudah serta sesuai dengan keadaan. Lalu apa saja sih cara hemat tanggal tua yang bisa kamu coba? Daripada penasaran mending cek di bawah yuk!

 

 

Baca juga: Tips Mengatasi Hidup Boros

 

 

Pomona

 

 

 

Akhir Pekan Di Rumah

 

Menghabiskan akhir pekan di rumah merupakan salah satu usaha untuk berhemat pada tanggal tua. Mau kamu se irit apapun pada saat pergi keluar pas weekend, tetap saja kamu akan mengeluarkan biaya, setidaknya untuk bensin kendaraan, makan di luar, belum lagi bayar parkir tempat kamu nongkrong. Tentu hal ini membuat komitmen untuk hemat jadi terganggu sehingga keuangan kamu akan cepat habis pada tanggal tua dan ujung-ujungnya akan berhutang pada orang lain. Tentu kamu tidak mau hal ini terjadi kan? Maka dari itu hindari keluar atau nongkrong saat tanggal tua sebagai tips berhemat tanggal tua paling jitu.

 

Andalkan Promo Saat Belanja

 

Manfaatkan potongan harga saat kamu belanja barang kebutuhan. Dengan mengandalkan potongan harga, tentu membeli barang kebutuhan jadi bisa ditekan pada akhir bulan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengandalkan fitur teknologi seperti Pomona, yang memberikan cashback produk setiap kali kamu upload struk belanja ke website atau aplikasi Pomona. Kan lumayan sebagai cara hemat pas akhir bulan, belanja dapat cashback sama saja seperti kamu tidak mengeluarkan uang sama sekali. Hitung-hitung bisa buat nabung juga pas cashback nya cair.

 

Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

 

Kalau kamu punya kartu kredit dan biasa menggunakannya saat membeli apa saja, maka ada baiknya kamu mulai tahan saat memasuki akhir bulan. Mengapa? Semakin banyak kamu menggunakan kartu kredit, maka akan semakin banyak kamu akan mencicil setiap bulannya. Ini sama saja seperti berhutang banyak pada seseorang dan hal ini tentu tidak baik. Kartu kredit mengajarkan kita hidup berhutang, bukan sebaliknya, berhemat atau berinvestasi. Maka dari itu, kamu mesti mulai bisa mengurangi penggunaan kartu kredit untuk hal-hal yang tidak penting, khususnya pada fase tanggal tua.

 

Kerja Sampingan

 

Jika gaji kantor mu belum terlalu bisa menutupi biaya hidup sebulan, mungkin kamu bisa mencari kerja sampingan yang bisa menambah pemasukan sehingga cukup pada saat tanggal tua. Bukan hanya cukup, malah kamu bisa menabung demi fase akhir bulan. Langkah ini merupakan tips hemat di tanggal tua yang bisa kamu coba sembari menambah pengalaman pas kerja sampingan. Tidak ada ruginya juga, hitung-hitung menambah pengalaman kerja di CV.

 

Memasak Nasi & Lauk

 

Jika uang kamu mulai menunjukan status kritis pada tanggal tua, ada baiknya kamu mulai memasak nasi dan lauk sendiri. Biasa membeli makanan sebenarnya tidak ada yang salah, hanya saja tidak lagi relevan membeli makanan jika keuangan kamu menunjukan tanda-tanda tidak sehat pada akhir bulan. Cara berhemat tanggal tua yang satu ini biasa dipraktekan oleh anak kosan, tapi apa salahnya mengikuti jika memang itu yang terbaik.

 

Kumpulkan Uang Receh

 

Saat gajian atau ada uang, biasakan menyimpan uang receh atau 2 ribuan di satu tempat. Mengumpulkan uang receh atau 2 ribuan ini paling mudah saat kamu mendapatkan kembalian setelah membeli sesuatu. Dengan mengumpulkan uang receh atau 2 ribuan ini nantinya akan menolong kamu saat akhir bulan datang. Lumayan buat nambah-nambah biaya transportasi saat pergi kerja atau ketika ada masa genting yang mengharuskan kamu pergi ke sesuatu tempat. Tips irit yang satu ini rasanya bisa kamu andalkan ketika tanggal tua mulai masuk.

 

Makan yang Normal Saja

 

Bukan maksud untuk menahan selera, jangan pernah sekali-kali menahan selera. Tapi, ada baiknya keinginan untuk makan yang aneh-aneh dihindari saat akhir bulan, seperti makan pizza, makanan jepang, dan lain-lainnya. Jenis makanan ini merupakan jenis makanan yang tidak murah, sehingga tidak mungkin juga kamu memaksakan memakannya pada akhir bulan. Makanlah yang normal-normal saja, yang bisa mengenyangkan perut dan puas. Hal ini tentu saja merupakan cara hemat pada tanggal tua paling efektif yang akan menekan pengeluaran kamu di akhir bulan.

 

Catat yang Mau Dibeli dan Setelah Membeli

 

Apa maksudnya? Maksudnya setiap kamu mau membeli sesuatu, ada baiknya mencatat setiap produk terlebih dahulu sehingga jelas estimasi biaya yang akan dikeluarkan. Setelah belanja, kamu juga harus mencatat apakah sudah sesuai dengan yang kamu catat sebelumnya. Jadi pengeluaran pada akhir bulan lebih terarah dengan baik. Tips hemat tanggal tua bisa kamu andalkan saat mulai memasuki tanggal 20-an.

 

Membawa Bekal Ke Kantor

 

Jika kamu memutuskan untuk memasak sendiri nasi dan lauk di rumah, maka dengan membawa bekal makan siang ke kantor merupakan salah satu cara menghemat pengeluaran pada tanggal tua. Kalau sudah membawa bekal, tentu kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli makan siang. Sekali lagi akhir bulan kamu terselamatkan dengan menekan pengeluaran biaya makan siang di kantor.

 

Berani Bilang Tidak Pada Ajakan Teman

 

Sering kali kita selalu bilang “iya” pada ajakan seseorang, padahal tanpa disadari yang nanti dirugikan kita sendiri. Kita juga sering menerima ajakan seseorang hanya karena segan, bukan karena benar-benar mau pergi. Nah, salah satu tips hemat pada akhir tanggal tua adalah dengan berani bilang “tidak” pada ajakan teman saat ia mengajak nongkrong pada akhir bulan. Dengan cara ini, tentu kamu bisa menahan pengeluaran yang dirasa tidak perlu pada tanggal-tanggal krusial, seperti tanggal tua.

 

Tips menghemat pengeluaran pada tanggal tua memang susah-susah mudah untuk dijalani. Kita cenderung berfoya-foya pada saat uang gaji masih banyak, tapi malah kekurangan ketika akhir bulan datang. Maka dari itu, penting untuk mengubah sedikit kebiasaan sebagai tips irit pada tanggal tua sehingga kamu tidak kehabisan atau malah bisa nabung. Apalagi zaman kini, begitu banyak godaan yang membuat kita boros. Tempat nongkrong semakin banyak, produk semakin beragam, tentu hal ini bisa membuat kita semakin konsumtif. Oleh karena itu sikapi semuanya dengan baik dan tepat agar keuangan kamu bisa tepat sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *