10 Cara Mengatasi Hidup Boros Di 2019

10 Cara Mengatasi Hidup Boros Di 2019

Sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2019, apa saja yang sudah menjadi rencana kamu pada tahun yang baru ini? Pastinya banyak pencapaian yang ingin kamu dapatkan pada tahun baru ini, mungkin salah satunya adalah mengatasi hidup yang boros belakangan ini. Kebiasaan menghamburkan uang ini tidak hanya terjadi pada orang yang punya uang banyak, tapi juga terjadi pada orang yang punya penghasilan pas-pasan. Begitu banyak faktor yang bisa membuat seseorang punya hidup yang boros. Pastinya kamu sudah banyak baca mengenai tips mengatasi hidup boros pada beberapa artikel, tapi apakah berpengaruh pada kebiasaan kamu? Pasti sebagian iya dan sebagian lagi tidak.

 

Tips mengatasi hidup boros
Malang Voice

 

Sebelum tahu cara mengatasi hidup boros yang sangat banyak itu, kamu mesti mengenali dulu kebiasaan yang sering kamu lakukan. Kira-kira hal apa yang mesti dilakukan demi mencegah kebiasaan hidup boros. Apalagi kini zaman semakin canggih secara teknologi, ada 2 hal yang akan terjadi karena perkembangan teknologi ini, yang satu bisa buat kamu semakin boros atau malah semakin hemat. Oleh karena itu, berikut ini ada cara mengatasi hidup boros di tahun 2019 yang mungkin saja cocok dengan kebiasaan kamu belakangan ini.

 

 

Baca juga: Struk Belanja Jadi Uang

 

 

Kamu Mesti Berani Bilang “Tidak”

 

Salah satu cara mencegah hidup boros adalah berhenti menjalani gaya hidup yang hedonis atau hura-hura. Biasanya ajakan untuk hura-hura ini lebih sering berasal dari teman. Kebanyakan orang susah untuk bilang “tidak” pada ajakan teman, maka dari itu pada akhirnya hal tersebut bisa memancing seseorang lebih sering menjalani gaya hidup hura-hura, padahal bisa jadi seseorang tersebut sebenarnya tidak mau. Apakah kamu termasuk orang yang susah bilang “tidak”? Maka mulailah untuk berani bilang “tidak” pada ajakan-ajakan yang malah akan membuat kamu semakin boros.

 

Jangan Cepat Terpancing Promo

 

Pada zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak toko online yang hadir untuk memberikan variasi produk pada konsumen Indonesia. Alhasil, banyak toko online yang bersaing dengan cara main harga, hampir semua harga produknya diturunkan semua demi bisa menang bersaing. Tentu hal ini sangat menggiurkan sekali bagi konsumen, tapi juga sekaligus membuat konsumen jadi lebih konsumtif. Hal ini sangat negatif bagi kamu yang sedang menghindari hidup boros. Bagaimana tidak? Tawaran toko online dengan harga miring tetap saja bisa mengganggu rencana keuangan kita. Maka dari itu, kamu perlu fokus pada goal besar keuangan yang sudah ditabung, jangan cepat terpancing dengan banyak promo toko online.

 

Manfaatkan Teknologi Untuk Mengatasi Boros

 

Jika teknologi terkadang bisa membuat kita boros, teknologi juga bisa menjadi andalan untuk mengatasi hidup boros. Sebagai inovasi terbaru, kini telah hadir Pomona. Sebuah teknologi yang bisa membuat kamu mencegah gaya hidup boros. Jadi Pomona ini akan memberikan cashback tiap kali kamu upload struk belanja dari mini/supermarket ke websitenya. Kita terbiasa untuk melakukan belanja bulanan tiap minggu atau bulan, oleh karena itu kenapa kita tidak memanfaatkan teknologi dari Pomona ini? Lumayan kan, kita bisa belanja bulanan hanya dengan setengah harga saja, sebab setengah harga lagi nanti akan diganti dengan cashback. Hadirnya Pomona ini tentu menjadi angin segar sebagai cara mengatasi hidup boros pada tahun 2019. Bukan hanya itu, kebiasaan mengumpulkan struk belanja ini juga membuat kamu terus akan mengevaluasi pengeluaran belanja barang kebutuhan. Maka dari itu mari biasakan belanja dapat cashback saat struk belanja di upload.

 

Coba Keluarkan 50 Ribu Saja Sehari

 

Satu lagi tips mengatasi hidup boros yang sesuai dengan kebiasaan jelek kamu, yakni dengan menetapkan pengeluaran harian secara disiplin. Masalah terbesar mengapa seseorang bisa hidup boros karena sering kali susah mengendalikan nafsu sehingga tidak jarang pengeluaran harian menjadi bengkak. Akhirnya uang bulanan jadi tidak cukup dan boro-boro bisa menabung, malah jadi gali tutup lobang. Maka dari itu, kamu mesti memberi maksimal angka uang yang mesti kamu keluarkan dalam sehari. Misalnya 50 ribu per hari, mau tidak mau kamu mesti bisa mencukupkan biaya hidup sehari-hari hanya 50 ribu saja. Dengan begitu, kebiasaan hidup boros jadi bisa berhenti. Coba saja lakukan hal tersebut dalam sebulan, maka ke depannya kamu akan terbiasa.

 

Pisahkan Uang Tiap Kali Gajian

 

Jangan lupa, ketika gajian datang, kamu mesti membagi-bagi uang jadi beberapa tujuan. Pertama untuk tagihan bulanan, kedua buat biaya kehidupan sehari-hari, ketiga buat tabungan masa depan, dan terakhir adalah uang entertainment untuk biaya nongkrong malam minggu. Dengan membagi-bagi uang menjadi beberapa tujuan, kamu bisa memilah biaya masing-masing sehingga keuangan lebih terkontrol. Hal ini merupakan salah satu cara mengatasi hidup boros yang cukup sukses dilakukan oleh beberapa orang. Kamu bisa mencobanya di tahun 2019, bisa jadi nanti saat akhir tahun 2019 kamu bisa ke luar negeri karena berhentinya kebiasaan hidup boros.

 

Coba Naik Kendaraan Umum Saat Pergi Kerja

 

Apa kamu biasa naik kendaraan roda empat atau roda dua? Dalam waktu seminggu kamu bekerja, bensin sudah habis berapa ya? Apalagi kalau kamu kerja di kota besar, seperti Jakarta. Dengan kemacetan tentu akan menghabiskan bensin kendaraan jadi lebih cepat. Nah, sebagai tips mencegah hidup boros pada tahun 2019 ini, kamu bisa mulai pergi bekerja dengan kendaraan umum. Selain murah, sekarang kendaraan umum juga sudah nyaman kok, berbeda dengan yang dulu. Selain mencegah keborosan, naik kendaraan umum juga menghilangkan lelah. Kalau sudah begitu, mood juga terjaga dengan sangat baik.

 

Coba Investasi

 

Uang keluar tidak jelas setiap bulannya? Lebih baik kamu langsung investasikan saja. Dengan melakukan investasi, boro-boro kamu makin boros, malah akan semakin untungnya nantinya. Banyak jenis investasi, seperti emas, reksadana, property, dan masih banyak lagi yang lainnya. Investasi jelas sebagai salah satu cara mengatasi hidup boros yang dari dulu sudah dilakukan oleh orang banyak. Cara ini memang klasik, tapi terbukti sukses hingga saat ini. Nah, kamu boleh coba nih buat menginvestasikan uang daripada habis tidak jelas.

 

Beli Barang yang Terlihat Jelas

 

Apa sih maksudnya membeli barang yang terlihat jelas? Begini, kebanyakan orang setiap akhir bulan akan mengeluh uangnya habis tidak jelas. Beli barang tidak, uang malah habis karena hura-hura. Maka dari itu, agar kamu tidak boros karena uang tidak jelas habis kemana, ada baiknya kamu membeli barang-barang yang sangat berguna untuk hidup kamu. Misalnya kamu belum punya laptop, ada baiknya kamu mulai mencicil untuk membeli laptop. Dengan cicilan, uang kita jelas habis kemana setiap bulannya. Ditambah, barangnya juga kelihatan dengan jelas. Jadi, uang kamu digunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat serta menunjang kehidupan kamu.

 

Buat Tanda Pengingat

 

Sebagai tips mencegah hidup boros, kamu mesti membuat beberapa tanda pengingat pada beberapa sudut rumah kamu. Anggap, kamu punya mimpi ke luar negeri 5 tahun ke depan, demi membuat hal tersebut jadi kenyataan, kamu bisa membuat tanda pengingat di kulkas, meja samping tempat tidur, dan lain sebagainya. Hal ini menjadi pemicu yang baik untuk kamu hidup lebih hemat dan tidak boros.

 

Pakai 2 Rekening

 

Kamu mesti punya 2 rekening sebagai cara mencegah hidup boros agar keuangan lebih terkontrol. Ketika kamu membagi uang ke dalam 2 rekening, tentu yang satu khusus untuk ditabung dan tidak boleh digunakan dalam jangka waktu yang lama. Rekening yang satunya bisa kamu gunakan untuk biaya hidup sehari-hari. Dengan begitu tentu uang gaji yang diterima jadi lebih jelas dan kebiasaan hidup boros pun bisa ditinggalkan.

 

10 tips mengatasi hidup boros ini tidak akan berguna jika kamu tidak menerapkannya secara serius dan disiplin. Untuk menghilangkan kebiasaan boros tentu perlu perjuangan yang agak berat pada awalnya. Namun, setelah terbiasa kamu akan bisa hidup secara sederhana sehingga uang bisa disimpan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *