Top

12 Cara Hidup Hemat Di Jakarta 2019

Sudah bukan rahasia lagi kalau Jakarta menyimpan banyak asumsi dan pendapat mengenai kota tersebut. Jakarta tidak seperti kota-kota di Indonesia lainnya, ibukota menyimpan segudang cerita bagi siapa saja yang tinggal di sana. Apalagi kalau kamu seorang perantau, pastilah Jakarta memberikan pengalaman hidup yang tidak bisa kamu rasakan di kota asal, baik itu pengalaman positif atau negatif. Salah satu isu utama hidup di Jakarta adalah biaya hidup yang mahal. Hidup di ibukota mesti tahu cara-cara hidup hemat di Jakarta agar pengeluaran bisa ditekan sedemikian rupa sehingga keuangan bisa terkontrol.

 

 

Baca juga: Tips Hemat Ibu Rumah Tangga

 

 

 

Hidup di Jakarta memang membutuhkan biaya hidup yang tidak murah, banyak sekali harga-harga berbagai macam kebutuhan yang membutuhkan uang banyak. Maka dari itu kamu mesti tahu 12 cara hidup hemat di Jakarta agar bisa mengontrol pengeluaran setiap bulannya.

 

cara hemat hidup di jakarta

Honeycombers Singapore

 

Manfaatkan Struk Belanja

 

Jangan lupa untuk menggunakan teknologi sebagai cara hidup hemat di Jakarta. Setiap kali kamu belanja ke supermarket, struk belanja lebih baik disimpan untuk kamu upload di website Pomona. Apa keuntungannya? Pomona ini merupakan fitur teknologi yang memberikan cashback setiap kali kamu upload struk belanja segala macam barang kebutuhan sehari-hari yang dibeli. Nah, kalau kamu ingin hemat, maka salah satu cara ini bisa kamu gunakan. Apalagi caranya mudah sekali.

 

Makan Di Pinggir Jalan

 

Bukan berarti kamu tidak boleh untuk makan di tempat yang sedikit mewah, tapi kamu mesti menyelinginya dengan warung-warung pinggir jalan sebagai langkah hidup hemat di Jakarta. Biaya untuk makan saja sering kali menghabiskan uang, khususnya di Jakarta. Jika mencari makan di pinggir jalan, kamu akan mengeluarkan uang sekitar 10 hingga 15 ribu. Oleh karena itu, makan di pinggir jalan bisa menghemat setidaknya 50% dari pengeluaran kamu seharusnya.

 

Pilih Rumah Di Luar Jakarta

 

Harga rumah di Jakarta sudah selangit, maka dari itu tidak sedikit yang akhirnya sewa tempat tinggal di Jakarta. Namun, hal tersebut bukanlah langkah yang tepat sebagai cara hidup hemat di Jakarta sebab sewa tempat tinggal di Jakarta bisa menghabiskan uang gaji seketika. Maka dari itu perlu untuk beli tempat tinggal untuk jangka panjang agar uang gaji bisa digunakan untuk arah yang tepat. Oleh karena itu, mempunyai tempat tinggal di luar kota Jakarta adalah langkah tepat untuk bisa hidup hemat di ibukota. Walaupun pengeluaran kamu akan bengkak pada transportasi, tapi setidaknya sudah punya rumah sendiri.

 

Bawa Bekal Ke Kantor

 

Sebagai cara hemat yang jitu di Jakarta, kamu mesti lihai melihat berbagai celah. Salah satunya adalah dengan bawa bekal makan siang ke kantor. Apalagi kalau kamu dan istri biasa memasak sehingga momennya sangat pas. Dengan membawa bekal makan siang pastinya pengeluaran bisa ditekan dengan sangat baik sehingga bisa kamu tabung untuk keperluan lain.

 

Gunakan Transportasi Publik

 

Namanya Jakarta, pastinya akan selalu macet setiap jam. Jika membawa kendaraan sendiri, pastinya akan menghabiskan bahan bakar yang banyak. Bagaimana tidak? Kamu akan berjam-jam di jalanan sementara mesin kendaraan tetap nyala. Sebagai cara hidup hemat di Jakarta tahun 2019 ini, sudah waktunya kamu mengandalkan transportasi publik sebab moda transportasi jenis ini sudah mulai bersih dan juga teratur. Apalagi menggunakan transportasi publik, kamu hanya perlu membayar sedikit, tapi langsung sampai tujuan. Contohnya saja busway yang kini sudah banyak di Jakarta.

 

Berani Berkata “Tidak”

 

Sering orang gagal hemat saat menerima ajakan teman untuk berfoya-foya. Nah, kalau kamu hidup di Jakarta, kamu mesti bisa mewanti-wanti hal ini agar tidak gagal dalam berhemat. Apalagi di Jakarta, banyak tempat nongkrong yang berbiaya di atas rata-rata sehingga akan menguras segala tabungan kamu jika selalu mengiyakan ajakan teman. Untuk itu kamu mesti berani berkata “tidak” saat ajakan teman datang, khususnya dalam momen kamu menabung.

 

Memasak Makanan

 

Untuk lebih hemat lagi hidup di Jakarta, kamu juga mesti memasak makanan di rumah. Dengan memasak nasi dan lauk pauk sendiri, pastinya kamu bisa menekan pengeluaran untuk makan sehari-hari sebesar 40%. Jika memasak lauk pauk sendiri, kamu bisa membeli bahannya dengan harga murah sehingga bisa digunakan untuk membuat lauk tertentu. Tidak hanya itu, bahan makanan juga bisa tahan lama sehingga bisa digunakan kembali untuk minggu depannya.

 

Catat Pengeluaran

 

Kalau kamu tidak mencatat setiap pengeluaran per minggu di Jakarta, bisa menjadi sesuatu hal yang bahaya. Mengapa? Dengan mencatat pengeluaran, tentunya kamu bisa mengontrol keuangan saat hidup di ibukota. Cara hidup hemat di Jakarta ini bisa kamu andalkan guna mencari celah hemat ketika semuanya sangat mahal untuk dibeli.

 

Sewa Tempat yang Murah

 

Kalau kamu seorang perantau, maka tempat penyewaan rumah menentukan pengeluaran setiap bulannya. Salah satu cara hidup hemat di Jakarta adalah dengan memilih tempat tinggal yang layak, bukan mahal. Kamu bisa memilih kosan atau rumah kontrak yang pas agar bisa sesuai dengan pendapatan sehingga akan mencegah hidup boros.

 

Cuci Baju Sendiri

 

Kalau kamu belum atau sudah menikah, usahakan untuk mencuci pakaian sendiri di rumah atau tempat tinggal sewa. Di Jakarta cuci pakaian bisa mencapai 100 ribu per kilo, tentu hal ini tidak masuk akal mengingat mahalnya untuk laundry per kilo. Oleh karena itu, tips hidup hemat di Jakarta lainnya adalah dengan mencuci pakaian sendiri. Kamu bisa lakukan hal ini setiap akhir minggu 2 kali sebulan agar tidak lelah.

 

Pilih Rumah Sewa yang Dekat dengan Kantor

 

Jika kamu tidak ingin mengeluarkan biaya transportasi yang besar, maka tips hidup hemat di Jakarta lainnya adalah dengan memilih tempat tinggal sewa yang dekat dengan tempat tinggal. Kalau kamu kerja di Jakarta, ada baiknya memilih kosan atau rumah kontrak sebelah kantor agar bisa cepat dan menghemat biaya transportasi.

 

Siapkan Makanan Instan Di Akhir Bulan

 

Untuk membuat kamu lebih hemat lagi hidup di Jakarta, kamu mesti bisa mempersiapkan berbagai hal untuk beberapa momen. Contohnya saja akhir bulan dimana uang sudah mulai menipis. Maka dari itu, ada baiknya kamu menyiapkan makanan instan guna dikonsumsi pada akhir bulan sehingga tidak membuat pengeluaran boros.

 

Itulah tips hidup hemat di Jakarta yang bisa kamu aplikasikan. Baik kamu orang yang baru tinggal atau pun yang sudah lama, agar tetap bisa menabung selama tinggal di Jakarta. Maka dari itu penting untuk kamu tahu cara hidup hemat di Jakarta agar bisa sukses berkarir di ibukota dengan segala tantangannya.