Top
Keuntungan belanja offline

5 Keuntungan Belanja Offline untuk Anda

Semakin banyaknya toko online di zaman sekarang tentu membuat kebiasaan orang mulai berubah dalam berbelanja. Banyak yang mengatakan bahwa belanja online dibandingkan offline jauh lebih menguntungkan. Namun, belanja online vs offline masih menjadi perdebatan hingga sekarang sebab tidak selamanya belanja melalui online itu bisa menguntungkan kita. Jika digali lebih dalam, sebenarnya sangat banyak keuntungan belanja offline yang bisa kita rasakan.

 

Manfaat belanja periode bulanan

Blibli

 

Kalau kita melihat data hingga tahun 2018, belanja melalui offline pada produk-produk tertentu masih menjadi andalan banyak masyarakat Indonesia, terlebih lagi orang menengah ke bawah. Lalu apa saja sih kelebihan belanja melalui offline yang bisa anda rasakan dibandingkan berbelanja online? Sangat banyak sekali. Daripada penasaran mending kita cek yuk di bawah:

 

 

Baca juga: Manfaat Belanja Bulanan untuk Anda

 

 

Melihat Langsung Produk Terlebih Dahulu

 

Jika anda membeli barang-barang seperti furniture, pakaian dalam, atau barang sehari-hari, ada baiknya membelinya melalui offline. Contohnya furniture, anda perlu tahu ukuran furniture yang akan disesuaikan dengan ruangan di rumah. Tidak mungkin rasanya jika membeli secara online sebab hal ini bisa tidak sesuai secara ukuran dan bentuk. Begitu juga pakaian dalam, anda perlu mencobanya terlebih dahulu agar bisa pas dengan ukuran badan. Kemudian barang sehari-hari yang perlu di cek tanggal kadaluarsanya sehingga bisa aman untuk dikonsumsi. Keuntungan belanja offline yang satu ini tentu akan sangat bermanfaat sekali bagi anda.

 

 

Pomona

 

Harga Lebih Jelas

 

Tahukah anda jika banyak sekali toko online yang memainkan kata-kata dalam memasarkan produknya? Sehingga sering kali diskon yang diberikan tidak begitu valid, tapi terbentur dengan syarat dan ketentuan yang kita tidak tahu. Keuntungan belanja melalui offline malah menawarkan hal sebaliknya. Anda bisa tahu harga sebuah produk lebih jelas, tidak hanya itu, anda juga bisa bertanya pada orang toko jika ada yang membingungkan. Kalaupun ada diskon, sudah dipastikan ketentuan jelas dan tidak berbelit-belit. Masalah harga ini sudah lama menjadi pembanding antara belanja online vs offline. Tapi kini juga ada teknologi yang bisa menyambungkan kedua hal ini. Pomona adalah nama brand yang menawarkan cashback ketika berbelanja offline. Bagaimana caranya? Anda tinggal upload struk belanja produk ke dalam website, lalu akan mendapatkan banyak cashback dari produk-produk yang dibeli secara offline. Hal ini juga membuat belanja kita jadi lebih hemat.

 

Barang Bisa Langsung Diambil

 

Kelebihan berbelanja offline yang lainnya adalah kecepatan anda dalam memiliki atau menggunakan produk tersebut. Belanja online sering kali direpotkan dengan waktu pengiriman yang lama sehingga konsumen jadi tertunda untuk memakai atau memiliki produk yang habis dibeli. Maka dari itu keuntungan dari berbelanja offline adalah cash & carry, bukan delivery time.

 

Tidak Tertipu

 

Belanja di toko online kini belum sepenuhnya aman, masih banyak kasus-kasus mengenai penipuan yang sering kali terjadi pada transaksi online. Nah, hal ini merupakan salah satu keuntungan berbelanja offline jika dibandingkan dengan belanja online. Jika anda berbelanja langsung ke toko, maka anda bisa menilai mana yang aman dan tidak. Berbeda dengan belanja online yang jaminannya masih ambigu sehingga kesempatan penipuan besar terjadi.

 

Harga Bisa Ditawar

 

Jika anda berbelanja offline di pasar-pasar tradisional, maka anda akan diuntungkan dengan harga produk yang bisa ditawar hingga sangat murah. Berbeda dengan belanja online yang harganya sudah sesuai dengan yang tertera di website sehingga tidak ada kesempatan untuk penawaran. Oleh karena itu perbandingan belanja online vs offline yang satu ini sangat menguntungkan anda jika memutuskan untuk bertransaksi di pasar tradisional.

 

Itulah 5 keuntungan belanja offline yang bisa anda rasakan langsung dibandingkan berbelanja online. Walaupun kedua hal ini sama-sama punya plus minusnya sendiri-sendiri, tapi tetap ada kesimpulan yang bisa ditarik dari masing-masing metode perbelanjaan ini. Tergantung mana yang lebih menguntungkan anda dan juga mana resiko yang bisa anda hadapi.