8 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Kamu

8 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Kamu

Jika kamu baru bekerja atau sudah 2 tahun menjajaki karir, maka penting untuk mulai mempersiapkan perencanaan keuangan yang matang. Tidak ada salahnya mulai memikirkan keuangan sedari muda, hitung-hitung untuk mulai berinvestasi. Jadi nanti jika karir bekerja sudah mulai lumayan secara jabatan dan gaji, tentu kamu sudah tidak perlu risau lagi sebab tabungan atau investasi sudah ada. Namun, untuk mendapatkan itu semua, kamu harus tahu cara mengatur keuangan pribadi sehingga perencanaan keuangan dapat berjalan secara teratur.

 

Mengatur keuangan
Laruno

 

Berhemat atau berinvestasi memang susah-susah mudah, perlu tekad yang kuat serta gaya hidup sederhana. Apalagi kalau umur masih muda, godaan tentu banyak sekali, tergantung kamu bagaimana cara menyikapinya. Maka dari itu ada 8 cara mengatur keuangan pribadi yang bisa kamu lakukan pada awal karir bekerja. Penasaran? Yuk cek di bawah:

 

 

Baca juga: Cara Hemat Uang Bulanan Praktis

 

 

Cukup Gunakan Satu Kartu Kredit

 

Menggunakan kartu kredit bagi kaum millenials memang menguntungkan, sebab banyak kini toko online dan offline yang memberikan diskon besar jika membeli dengan kartu kredit. Namun, jangan sampai kamu membuat banyak kartu kredit demi diskon besar sehingga pada akhirnya pengeluaran jadi lebih banyak tanpa disadari. Sebagai langkah mengatur keuangan pribadi yang baik, maka satu kartu kredit saja sudah cukup sehingga kamu bisa memantau pengeluaran setiap bulannya.

 

Gunakan Gaji Setiap Tanggal 1

 

Kebanyakan kita menerima gaji pada akhir bulan, antara tanggal 25-30 setiap bulan. Salah satu cara mengatur keuangan pribadi yang bisa kamu terapkan adalah tidak menggunakan uang gaji sampai awal bulan baru. Misalkan kamu menerima gaji pada tanggal 25, maka uang itu jangan digunakan hingga tanggal 1 awal bulan. Dari tanggal 25-31 kamu mesti bisa menggunakan sisa uang yang ada pada gajian sebelumnya. Cara mengatur keuangan ini terbukti sangat ampuh agar bisa ditabung dengan sangat baik.

 

Gunakan 2 Rekening

 

Pisahkan rekening gaji dan tabungan. Katakan anda sudah gajian pada akhir bulan, ada baiknya langsung dipisahkan ke rekening lain untuk ditabung. Jadi rekening tabungan dan hidup sehari-hari tidak tercampur sehingga bisa dialokasikan dengan sangat baik. Cara mengatur keuangan pribadi yang satu ini terbukti sangat ampuh bagi anak-anak millenials yang katanya generasi susah menabung.

 

Tidak Berhutang

 

Jangan biasakan berhutang pada orang lain atau institusi seperti bank dan lain-lain. Jika kamu sudah biasa berhutang, tentu akan semakin susah untuk mengatur keuangan sehingga uang akan habis begitu saja. Apalagi jika sudah gali dan tutup lobang, kondisi berbahaya ini bisa membuat keadaan finansial akan bangkrut seketika. Jika kebiasaan ini kamu terus jaga, maka nanti ketika sudah berkeluarga, kamu susah untuk membeli rumah.

 

Susun Anggaran Keuangan

 

Ada baiknya kamu mencatat setiap anggaran keuangan yang akan kamu pindah-pindahkan. Kamu bisa mulai dengan uang gaya hidup, yang merupakan uang untuk biaya nongkrong. Kemudian juga ada uang investasi, yang akan kamu gunakan untuk inves pada beberapa usaha. Lalu juga ada uang darurat, yang akan kamu persiapkan guna difungsikan saat-saat genting, seperti sakit dan lain sebagainya. Cara mengatur keuangan untuk pribadi yang satu ini sangat bisa diandalkan demi perencanaan keuangan yang matang.

 

Manfaatkan Potongan Harga

 

Jika kamu mempersiapkan uang belanja setiap bulannya, pastikan kamu bisa menggunakan uang belanja tersebut dengan maksimal. Pastikan kamu pintar melihat berbagai macam potongan harga atau diskon. Salah satunya Pomona yang bisa kamu manfaatkan, setiap belanja kamu hanya perlu untuk meng-upload struk belanja ke dalam website, sehingga akan dapat cashback belanja dari setiap produk yang dibeli. Tentu hal ini akan membuat pengeluaran jadi lebih hemat dan uang bisa dialokasikan ke tujuan lain.

 

Belanja Bulanan

 

Dalam memenuhi kebutuhan hidup, ada baiknya kamu belanja bulanan dibandingkan mingguan. Banyak keuntungan belanja bulanan dibanding periode mingguan yang bisa kamu rasakan. Sebut saja dalam mengalokasikan biaya belanja kebutuhan, akan lebih mudah dianalisis dalam sekali sebulan. Kedua, juga mengurangi rasa konsumtif yang bisa sering terpancing ketika belanja mingguan. Keinginan membeli barang yang tidak terlalu perlu akan berpotensi besar ketika melakukan belanja mingguan. Maka dari itu belanja secara bulanan menjadi cara mengatur keuangan pribadi yang tepat buat kamu yang masih meniti awal karir.

 

Bayar Tagihan Tepat Waktu

 

Cara mengelola keuangan pribadi yang juga ampuh adalah membayar berbagai macam tagihan tepat waktu. Seandainya kamu ngekos atau kontrak rumah, maka membayar tagihan listrik, internet, air, dan lainnya mesti tepat waktu. Anggap uang untuk tagihan tersebut bukan lagi milik kamu setiap kali gajian. Alokasi uang tagihan pembayaran tersebut tentu menjadi langkah yang tepat dalam mengatur keuangan pribadi kamu agar tidak terpakai untuk yang lain dan ujung-ujungnya berhutang.

 

Mumpung masih muda, atur keuangan seefektif mungkin agar tidak menyesal dikemudian hari. 8 cara mengatur keuangan pribadi ini bisa kamu terapkan pada kehidupan sehari-hari ataupun rutinitas. Jangan lupa juga untuk mencatat setiap pengeluaran yang ada agar semuanya terdokumentasi dengan baik.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *