Top

Pengertian Cashback & Jenis-Jenisnya

Sebenarnya berbagai macam promo yang diberikan penyelenggara menguntungkan, tergantung melihatnya dari sisi mana. Juga merugikan, jika melihatnya dari sisi yang lain. Semua jenis promo pasti ada plus dan minusnya, tergantung jenis promo mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Salah satu jenis promo yang populer dikalangan masyarakat Indonesia adalah cashback. Jenis promo ini sering kali muncul dari berbagai macam penyelenggara, entah itu bank, toko online dan offline, dan masih banyak yang lainnya.

 

 

Baca juga: Belanja Dapat Cashback? Gimana Caranya?

 

 

Apa Itu Cashback?

Cashback adalah penawaran keuntungan ketika konsumen atau pembeli mendapatkan uang kembali dalam bentuk tunai atau virtual dari sebuah produk yang dibeli berdasarkan syarat dan ketentuan yang dibuat oleh penyelenggara cashback atau penjual. Namun, cashback ini tidak selalu diberikan dalam bentuk uang tunai ke rekening kamu, melainkan juga sering menggunakan uang virtual yang diciptakan oleh penyelenggara, khusus sebagai alat transaksi yang hanya bisa digunakan ketika berbelanja di tokonya. Tujuan cashback dalam bentuk uang virtual ini apa? Untuk menjaga perilaku konsumen agar tidak “lari” dari toko tersebut. Sebagai contoh banyak toko online, yang banyak menciptakan dompet elektronik guna menjaga perilaku konsumennya agar mau kembali berbelanja di toko onlinenya. Cara ini merupakan salah satu langkah meningkatkan retensi pembeli setiap bulannya.

 

apa itu cashback

Okezone Ekonomi

 

Apa Saja Jenis-Jenis Cashback?

 

Kartu Kredit Bank

cashback kartu kredit

WalletHub

 

Kamu pasti pernah dengar cashback kartu kredit? Atau bahkan pernah ditawari bank tertentu? Salah satu jenis cashback yang sering diterbitkan adalah dari kartu kredit. Jadi cara kerjanya adalah, bank akan memberikan uang kembali alias cashback jika kamu bertransaksi dalam nominal tertentu menggunakan kartu kredit. Namun, berbeda bank, berbeda pula keuntungan cashback yang ditawarkan, tetap mesti berdasarkan syarat dan ketentuan masing-masing bank. Ada bank yang memberikan cashback besar jika transaksi yang kamu lakukan semakin besar menggunakan kartu kredit. Tapi juga ada bank yang memberikan persentase cashback dari setiap harga masing-masing produk.

Apakah cashback kartu kredit ini menguntungkan konsumen? Tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Bank memberikan cashback pada konsumen bukan tanpa tujuan tertentu, sebenarnya bank memberikan cashback agar kamu sering bertransaksi menggunakan kartu kredit. Tahukah kamu bahwa semakin sering dan besar nilai transaksi yang kamu lakukan dengan kartu kredit, maka bank akan semakin diuntungkan. Pemasukan sebuah bank justru ketika nasabah semakin sering menggunakan kartu kreditnya. Apakah dalam hal ini cashback menguntungkan konsumen? Jika kamu terpancing dan sering melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, maka dalam posisi ini kamu dirugikan. Mengapa? Kamu akan terkena penetapan suku bunga yang melebihi jumlah cashback yang dijanjikan bank dalam kartu kreditnya.

 

Cashback Rumah atau Toko

cashback beli rumah

Rumah

 

Satu lagi jenis cashback yang akan kamu temui, yakni ketika kamu mau transaksi beli rumah dan toko. Banyak pengembang perumahan atau toko yang menjanjikan keuntungan cashback bagi siapa saja yang membeli salah satu rumah dan toko. Ternyata program ini cukup ampuh menjaring banyak konsumen sehingga banyak yang tertarik membeli rumah karena cashback ini. Tapi cashback yang dijanjikan pengembang perumahan biasanya tidak berupa uang tunai, melainkan produk rumah tangga seperti televisi, mesin cuci, hingga lemari. Apakah cashback ini menguntungkan konsumen? Jika cashback nya berupa barang-barang untuk kebutuhan rumah, tentu akan membuat transaksi rumah akan lebih menguntungkan kamu. Jadinya kamu terbantukan dengan adanya cashback barang ini.

 

Cashback Kendaraan

beli kendaraan dapat cashback

Uzone

 

Seperti hal nya pengembang perumahan, perusahaan yang menjual kendaraan juga menjanjikan banyak promo bagi konsumennya. Salah satunya adalah cashback yang biasanya berupa alat elektronik, seperti laptop atau handphone. Kalau kamu membeli mobil dengan harga lebih dari Rp. 200 juta, maka biasanya akan ada cashback yang menunggu. Program cashback ini tentu dengan tujuan menarik konsumen untuk membeli kendaraan merek tertentu sehingga kendaraan yang dijual bisa laku. Namun, berbeda dengan kendaraan roda dua, yang biasanya cashback hanya berupa service mesin gratis selama 3 kali. Tidak berupa barang-barang menarik. Namun, hal itu tentu membuat kita tetap tertarik, entah sekecil apapun keuntungan yang didapat.

 

Cashback dari Struk

upload struk dapat cashback

Liputan 6

 

Ini ada yang baru buat kamu, kali ini cashback berasal dari struk belanja barang kebutuhan, seperti sabun, shampo, sikat dan pasta gigi, bahan makanan, dan yang lainnya. Baru-baru ini ada beberapa perusahaan yang membidangi bisnis unik ini untuk keuntungan konsumen. Salah satunya adalah Pomona, yang memberikan keuntungan cashback ketika kamu berbelanja bulanan di supermarket. Kamu pasti akan menjadwalkan belanja dalam periode mingguan atau bulanan, tentu banyak barang kebutuhan yang akan dibeli. Nah, struknya jangan dibuang, lebih baik disimpan untuk di upload ke website Pomona. Setelah meng-upload struk belanja maka cashback pada tiap-tiap produk yang dibeli akan segera mengalir ke rekening bank kamu. Apakah cashback yang ini menguntungkan? Tentu saja! Bayangkan kamu bisa menghemat belanja bulanan lebih dari 40%, sangat menggiurkan sekali bukan?

 

Cashback Toko Online

cashback toko online

Tribun news

 

Nah, buat yang satu ini merupakan salah satu penyelenggara yang paling sering memberikan cashback. Biasanya jenis cashback akan diberikan ketika kamu membeli minimal 3 produk, tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sering juga toko online menciptakan dompet elektronik dan memberikan cashbacknya kepada konsumen melalui dompet elektronik tersebut. Dengan begitu tentu kamu akan belanja lagi di toko online tersebut sebab dompet elektronik yang diciptakan oleh satu toko online tidak bisa digunakan pada toko online yang lain. Hal ini merupakan langkah toko online dalam menjaga perilaku konsumen. Program cashback ini menguntungkan kedua belah pihak, baik toko online maupun konsumen.

 

Keuntungan dan Kekurangan Cashback

 

Program promo yang satu ini mempunyai plus minus yang tentunya bisa kamu pertimbangkan sebagai seorang konsumen. Mari kita bahas dari sisi keuntungannya terlebih dahulu.

 

Menghemat pengeluaran

 

Keuntungan yang paling dirasakan dari cashback adalah penghematan. Contohnya saja belanja bulanan dan struk yang bisa kamu upload, tentu akan membuat pengeluaran jadi lebih hemat. Hal tersebut membuat uang kamu kembali kurang lebih 50% dan bisa digunakan untuk keperluan lain. Ini yang tidak bisa didapat dengan jenis promo diskon, yang mana kita langsung membayar sesuai dengan besar diskon yang tertera.

 

Pemakaian kartu kredit terjaga

 

Tahukah kamu kalau kartu kredit ada yang namanya annual fee? Biaya ini merupakan biaya yang akan kamu keluarkan setiap tahunnya dan tentu jumlahnya tidak sedikit. Dengan adanya cashback yang ditawarkan oleh kartu kredit, tentu kamu bisa meng-cover annual fee sebuah kartu kredit sehingga membantu kamu juga berhemat dalam menggunakan kartu kredit.

 

Apa Kekurangan Cashback?

 

Sebenarnya kekurangan sebuah cashback tergantung syarat dari penyelenggara cashback. Jika terlalu banyak syarat dan ketentuan, tentu cashback yang diinfokan di awal promo tidak lagi sesuai setelah membaca syarat dan ketentuan. Biasanya kekurangan cashback yang paling umum adalah cairnya yang lama. Pencairan cashback memang sedikit lama dibandingkan dengan jenis promo diskon yang langsung memberikan potongan harga.

 

Jadi, Apa Cashback Lebih Menguntungkan Kamu?

 

Jawabannya iya, dari sisi manapun dilihat, cashback selalu menguntungkan konsumen. Cuma jika kita berbicara porsi keuntungan dari sebuah cashback, baru kita bisa memperdebatkan sejauh mana cashback bisa menguntungkan kamu. Jadi, cashback memang selalu menguntungkan, bahkan sekecil apapun nilainya.