Top
Perbedaan cashback dan diskon

Apa sih Perbedaan Cashback dan Diskon?

Banyak promosi yang kini berlangsung pada semua lini perbelanjaan. Entah itu online maupun offline. Semua memberikan keuntungan yang bermacam-macam, walaupun dengan nama yang berbeda-beda. Bagi anda yang senang berbelanja pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya diskon atau cashback. 2 nama ini sangat populer bagi orang Indonesia, khususnya bagi yang suka belanja ini-itu. Lalu apa sih perbedaan antara cashback dan diskon? Ada perbedaan yang mendasar mengenai cashback dan diskon, anda benar-benar mesti mengetahui agar tidak bingung ketika belanja.

 

Pengertian Cashback

 

Cashback adalah istilah keuntungan dengan mekanisme uang yang akan dikembalikan dalam jangka waktu tertentu setelah pembeli melakukan transaksi terhadap barang tertentu. Penyelenggara cashback atau penjual, biasanya tidak selalu memberikan cashback berupa uang tunai, tapi juga berupa deposit agar si pembeli bisa kembali mempergunakan cashback tersebut pada transaksi selanjutnya ke penjual yang sama. Saat ini cashback sudah sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia karena memang memberi keuntungan tersendiri.

 

Pengertian Diskon

 

Diskon merupakan suatu keuntungan dimana mekanisme si penjual nya memberikan potongan harga pada produk tertentu. Seorang pembeli bisa membeli atau mendapatkan barang tertentu dengan lebih murah dari harga aslinya karena adanya potongan harga. Mekanisme ini bernama diskon. Pada kalangan orang Indonesia, diskon sangat populer sehingga sudah dipastikan jika suatu produk ada diskon, maka akan pasti dibeli.

 

Perbedaan Cashback dan Diskon

 

Cashback adalah keuntungan melalui kredit yang dapat dipakai untuk melakukan pembayarannya, sedangkan diskon adalah keuntungan yang bisa didapat dengan potongan harga pada sebuah produk. Mana sih yang sering ditawarkan? Tergantung, pada dasarnya cashback dan diskon sama-sama populer. Juga, mempunyai keuntungan yang hampir sama hanya dibedakan dengan mekanismenya saja.

 

Variabel Bedanya Cashback dan Diskon

 

Beda diskon dan cashback bisa dinilai dari berbagai macam variabel, sebut saja dari cara penyelenggara memberikan keuntungan, waktu keuntungan, hingga masa berlaku. Cashback merupakan suatu penawaran yang menawarkan keuntungan dibelakang. Contoh anda membeli televisi seharga Rp 5 juta, maka biasanya pihak penyelenggara akan memberikan cashback sebesar 10%, maka nanti anda akan mendapatkan Rp.500 ribu. Namun, pada awal pembelian televisi, anda mesti membayar semuanya dengan harga yang tertera di awal, yakni Rp 5 juta. Tapi, penyelenggara cashback tidak selalu memberikan uang tunai, juga bisa berbentuk voucher belanja sebesar Rp 500 ribu atau hadiah dengan nilai tersebut. Walaupun begitu, anda tetap akan diuntungkan secara valuasi. Cashback ini pun akan turun biasanya sebulan setelah anda membeli televisi tersebut.

 

Berbeda dengan diskon yang langsung memberikan potongan harga. Misalkan harga sebuah televisi adalah Rp 5 juta, kemudian dapat diskon sebesar Rp 500 ribu. Maka anda hanya akan membayar televisi tersebut sebesar Rp 4.500.000.

 

Satu-satunya persamaan antara cashback dan diskon adalah syarat pembelian. Banyak penyelenggara cashback dan diskon yang memberikan keuntungan setelah pembelian dalam jumlah tertentu. Misalkan ada toko furniture, anda mesti membeli ragam furniture hingga mencapai minimal 5 juta rupiah, baru anda akan mendapatkan cashback atau diskon dari toko tersebut. Jika anda belanja kurang dari 5 juta rupiah, maka cashback dan diskon tidak akan berlaku. Maka dari itu penting untuk membaca syarat dan ketentuan yang ada.

 

Keuntungan Cashback Dibandingkan Diskon

 

Sebenarnya kedua jenis keuntungan ini punya plus minus, tergantung kebutuhan anda ingin yang mana. Cashback biasanya akan membuat anda jauh lebih hemat ketika ingin berbelanja di toko yang sama. Biasanya penyelenggara akan lebih suka memberikan anda cashback dalam bentuk uang elektronik, alias e-wallet. Bagi penyelenggara, harapannya adalah anda akan kembali berbelanja di tokonya. Bagi konsumen tentu akan lebih memudahkan sehingga akan membantu anda hemat jika ingin berbelanja di toko yang sama. Namun, jika anda merasa tidak akan berbelanja lagi di toko tersebut, maka diskon akan lebih untung. Tapi, diskon juga sering menarik orang untuk kembali berbelanja di toko yang sama. Hanya mekanisme cashback jauh lebih efektif sebab cashback hanya kembali bisa digunakan pada produk dan toko yang sama.                               

 

Itulah perbedaan cashback dan diskon yang bisa anda rasakan ketika belanja. Manakah yang lebih untung? Tergantung anda lebih membutuhkan yang mana. Pastinya, keduanya sama-sama menguntungkan. Salah satu perusahaan yang menawarkan promo cashback menarik adalah Pomona. Caranya bagaimana? Anda hanya tinggal upload struk belanja ke website dan sudah bisa mendapatkan cashback dari masing-masing produk. Mudah bukan?