Belanja Online vs Offline, Mana yang Baik?

Belanja Online vs Offline, Mana yang Baik?

Seiring perkembangan teknologi, kini budaya belanja online semakin berkembang hingga ke pelosok Indonesia, jadi tidak hanya terjadi pada kota-kota besar saja. Namun, perkembangan budaya belanja online ini masih tidak berbanding lurus dengan kepuasan konsumen. Maka dari itu, banyak juga yang mengatakan bahwa belanja secara offline masih lebih baik dan terpercaya. Tapi tetap saja, belanja offline juga tidak bisa memuaskan konsumen 100%. Oleh karena itu kini masih banyak polemik mengenai belanja online vs offline, entah mana yang lebih baik, kamu sendiri yang bisa menilai.

 

 

Baca juga: Keuntungan Belanja Offline

 

 

Untuk melihat masing-masing kekuatan atau kelemahan belanja online vs offline, rasanya kita perlu mengurainya satu-satu agar bisa jelas apa saja yang kiranya terbaik buat konsumen. Untuk menggali lebih dalam mengenai belanja online atau offline, yuk kita bahas masing-masing kelebihan serta kekurangannya.

 

belanja online atau offline
Jogjawebseo.com

 

Kelebihan Belanja Offline

 

Pomona

 

 

Terhindar dari Penipuan

 

Belanja secara offline memang lebih terpercaya dibandingkan online. Dengan berbelanja offline, kamu bisa melihat kualitas produk secara langsung sehingga celah untuk penipuan kepada konsumen sangat kecil. Dalam hal belanja online vs offline, rasanya hal ini memang diakui sebagai kelebihan toko offline.

 

Cek Barang Secara Langsung

 

Keuntungan lainnya belanja offline dibandingkan dengan online adalah cek barang secara langsung. Sebagai konsumen, pastinya kita ingin melihat secara langsung produk yang mau kita beli. Hal ini yang tidak dimiliki oleh toko online, sering kali barang tidak sesuai dengan yang dilihat di website. Nah, kalau belanja offline, pastinya kamu bisa cek barang dahulu secara detil.

 

Komunikasi Langsung Terhadap Penjual

 

Belanja offline vs online juga sangat diuntungkan dengan komunikasi langsung terhadap penjual. Kalau belanja secara offline, enaknya kamu bisa bertatap muka langsung dan minta saran mengenai produk yang ingin kamu beli. Dengan begitu tentu sebagai konsumen kamu puas mendengarkan tentang barang yang ingin dibeli sebelum resmi bertransaksi.

 

Kesalahan Membeli Barang Sangat Kecil

 

Dalam ketepatan membeli barang, rasanya belanja melalui offline masih lebih baik dibandingkan dengan online. Kamu bisa membeli barang yang benar-benar sesuai dengan yang kamu mau ketika berbelanja offline. Nah, untuk hal belanja online atau offline, poin ini dimenangkan oleh belanja secara offline.

 

Kerugian Belanja Offline

 

 

Memakan Waktu

 

Belanja offline memang sangat memakan waktu, kamu diharuskan untuk langsung mengunjungi toko. Belum lagi kalau dalam perjalanan, kamu kena macet, tentu setengah hari akan berlalu demi belanja secara offline saja. Nah, untuk perihal belanja online vs offline, hal ini memang jadi kelemahan belanja secara offline.

 

Waktu Belanja Tidak Panjang

 

Kelemahan lainnya dalam berbelanja offline adalah waktu belanja yang tidak panjang. Namanya juga berbelanja di toko fisik, pasti punya waktu operasional yang terbatas sehingga tidak bisa membuat kita bisa belanja kapan saja.

 

Lokasi Terbatas

 

Toko fisik cenderung berpusat pada satu area sehingga membuat kamu mesti rela kesana. Belum lagi ada orang lain yang berbelanja, sehingga membuat suasananya sangat ramai. Hal ini sedikit tidak nyaman memang saat berbelanja secara offline. Untuk hal belanja online atau offline, hal ini memang jadi kelemahan belanja di toko fisik.

 

Keuntungan Belanja Online

 

 

Harga Lebih Murah

 

Nah, belanja online vs offline? Maka dalam masalah harga sepertinya belanja online lebih menang. Banyak toko online yang menjual produknya dengan harga yang sangat miring, mengapa? Sebab toko online tidak mempunyai pajak bangunan sehingga biaya operasional berhasil ditekan dan dialokasikan untuk membuat banyak diskon demi mencuri perhatian pelanggan.

 

Produk Bervariasi

 

Berbeda dengan toko offline, kamu bisa menemukan banyak variasi produk pada toko online sehingga bisa memilih produk yang sesuai. Dalam hal belanja online vs offline, variasi produk memang dimenangkan oleh toko online yang tidak dimiliki oleh toko offline atau fisik.

 

Waktu Lebih Fleksibel

 

Berbelanja di toko online kamu akan diuntungkan dengan fleksibilitas waktu, kamu bisa belanja kapan saja kamu mau. Selama ada koneksi internet, dimanapun kamu ingin berbelanja memungkinkan untuk melakukan transaksi resmi sehingga waktu dan tempat lebih fleksibel. Belanja online vs offline? Rasanya fleksibilitas waktu jadi keunggulan belanja online.

 

Tidak Terbatas

 

Kelebihan toko online lainnya adalah tidak terbatasnya waktu dan tempat yang disediakan oleh toko online. Contohnya saja tempat, walaupun banyak orang yang mengunjungi situs toko online tertentu, tetap kamu bisa berbelanja kapan saja dengan nyaman tanpa mesti menunggu.

 

Kerugian Belanja Online

 

 

Rawan Penipuan

 

Toko online memang identik dengan penipuan, maka dari itu kamu mesti ekstra hati-hati saat berbelanja online. Sering kali barang yang dibeli tidak sesuai dengan deskripsi produk yang ditulis pada toko online, karenanya banyak orang yang akhirnya merasa tertipu saat berbelanja online

 

Kerusakan Barang Saat Pengiriman

 

Kerusakan barang pada proses pengiriman rentan terjadi sehingga pada saat sampai di rumah konsumen, produk sudah pecah atau rusak. Nah, perihal belanja online vs offline ini, kerusakan barang pada saat pengiriman jadi kelemahan toko online. Maka dari itu jangan lupa untuk mengecek garansi yang diberikan toko online tiap kali kamu mau berbelanja.

 

Biaya Pengiriman yang Sedikit Mahal

 

Berbelanja di toko online, kita sering kali dibebankan oleh biaya pengiriman sehingga kita akan membayar ekstra ketika membeli produk tertentu. Nah, semakin jauh lokasi rumah kamu, maka akan semakin mahal pula biaya pengiriman sehingga kamu akan membayar lebih mahal lagi.

 

Itulah poin-poin belanja online vs offline yang wajib kamu ketahui. Dengan tahu segala kekurangan dan kelebihan cara belanja masing-masing, kamu jadi bisa memilih mana yang sekiranya akan sangat menguntungkan kamu. Kalau kamu sukanya belanja offline di supermarket, jangan lupa struknya difoto dan upload ke website Pomona ya! Nanti kamu bisa dapat cashback tiap kali upload struk belanja, lumayan kan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *