Top

Wah! Ini Cara Hemat Ala Anak Kos Kosan

Anak kosan bisa dibilang merupakan salah satu golongan pejuang di zaman ini. Mengapa? Karena di tengah kebutuhan manusia yang tinggi, anak kos atau anak rantau harus menjaga pengeluarannya agar bisa tetap bertahan sampai akhir bulan berlalu. Anak kos biasanya merupakan orang-orang yang menjalani kehidupan perkuliahan atau pekerjaan di daerah yang jauh dari rumah dan keluarga. Baik di luar kota ataupun untuk alasan menolak tua di jalan, golongan ini akhirnya disebut sebagai anak kosan.

 

Anak kosan tentu harus menajaga pengeluarannya sedemikian rupa, karena mereka mengatur kebutuhannya sendiri. Mulai dari membayar uang sewa, kebutuhan sehari-hari di kosan seperti peralatan mandi dan masak, listrik, air, dan uang jajan selama beraktivitas di kantor atau kampus. Mereka yang tidak bisa mengatur keuangannya dengan baik, akan kesulitan di akhir bulan dan reflek meminta bala bantuan kepada teman-teman terdekatnya. Maka dari itu penting untuk tahu cara hemat ala anak kost.

 

Nah, supaya anak kos bisa bertahan hidup sampai akhir bulan, atau paling tidak sampai saldo di rekening bertambah lagi, maka beberapa hal di bawah ini harus diperhatikan dan dilakukan sebagai tips hemat ala anak kost:

 

Hindari Kartu ATM

 

 

Seringkali, yang suka bikin kalap bukan kebutuhan sehari-harinya. Namun keinginan-keinginan yang muncul secara mendadak setelah melihat benda-benda di sekeliling. Keinginan anak kosan ini akhirnya kesampean karena punya senjata yaitu kartu ATM yang selalu dibawa-bawa. Nah, ada baiknya sebagai anak kos jangan bawa kartu ATM kemana-mana. Tipsnya adalah hitung perkiraan pengeluaran seminggu atau sebulan, tarik tunai, lalu simpan kartu ATMnya. Bawa uang cash kamu sesuai kebutuhan. Dijamin, semuanya akan lebih terkendali sehingga menghindari kartu ATM merupakan cara hemat ala anak kost paling efektif dan terbukti.

 

Jangan Keseringan Jajan

 

 

Emang sih, ngemil dan minum minuman manis adalah hobi semua orang. Kadang walaupun sudah kenyang, ada aja idenya beli-beli jajanan lain. Entah es krim, es kelapa, es doger, es cincau, dan berbagai macam es es lainnya. Ini nih kesulitan anak kosan. Melihat teman-temannya jajan, pasti pengen ikutan jajan. Alhasil, pengeluaran jadi lebih banyak. Walaupun harganya tidak terlalu mahal, tapi jika dikalikan setiap hari selama satu bulan tetap berasa mahalnya. Tipsnya adalah, bawa air putih di botol minum. Anak kosan akan lebih hemat dengan cara ini. Kalau haus, tinggal isi ulang air di botol minum kamu. Hemat deh!

 

Makan dulu sebelum ke cafe

 

 

Tidak salah jika kamu ingin merasakan suasana berbeda mengerjakan tugas atau sekedar nongkrong di cafe bersama teman-temanmu di akhir pekan. Tapi tunggu dulu, anak kosan harus tetap menerapkan kebiasaan hemat dimana pun demi keselamatan di akhir bulan. Terlepas dari kamu yang punya banyak tabungan, tips kalau duit lagi tipis dan mau nongkrong di cafe adalah makan dulu di kosan. Jangan sampai kamu lapar mata dan rela mengeluarkan sejumlah uang untuk makanan yang tidak mengenyangkan. Cukup beli minum dan diminum perlahan. Dijamin salah satu cara hemat ala anak kost jenis begini akan jauh lebih mengurangi pengeluaran.

 

Simpan Cadangan Uang di dompet

 

 

Untuk sebagian anak kosan, ini sangat membantu. Setiap awal bulan, simpan selembar uang 50.000 atau 100.000 rupiah di dompet kamu. Bukan di bagian terbuka, namun diselipkan di bagian yang tak terlihat dengan cara dilipat. Setelah itu, jangan diingat-ingat apalagi dipakai. Gunakan uang tersebut di momen-momen terdesak. Kamu akan merasa beruntung telah menyisihkan uang terlipat itu di dompet.

 

Itulah beberapa tips hemat ala anak kost. Menurut kebanyakan orang, anak kosan harus menghindari belanja di supermaket atau minimarket. Nah caranya agar tetap hemat adalah pakai Pomona. Setiap belanja di supermarket atau minimarket, kamu bisa upload struk belanjanya di https://pomona.id dan langsung dapat cashback. Lumayan, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Tau-tau udah bisa ditarik melalui bank transfer atau pulsa, jadi nambah deh uang jajannya. Cobain yuk!