Top

Education

Budaya bahkan Lokasi di Indonesia Pernah Diklaim sebagai Milik Negara Lain!

Semua orang menyadari bahwa negara kita Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan keragaman. Masing-masing suku dan adat memiliki budaya dan tradisinya masing-masing seperti lagu daerah, baju daerah, tarian, bahasa, bahkan produk kerajinan tangan yang sangat unik. Yup! Untuk sebagian orang, nilai budaya di Indonesia masih sangat dijaga dan dijunjung tinggi. Tapi tidak jarang juga kita menemukan masyrakat Indonesia yang masih tidak peduli dengan budaya tanah air. Seringkali, pernyataan bangga tidak sinkron dengan perilaku yang ikut menjaga kelestarian budaya Indonesia. Akibatnya, beberapa budaya kita akhirnya diklaim oleh negara lain. Mungkin Pomoners udah pada tau nih isunya, tapi Mona mau mengingatkan lagi biar kita semua tetap menjaga kebudayaan kita. Yuk cek di bawah ini:     Batik Jawa   eukicks.com   Ada yang belum tahu bahwa budaya...

Semua orang menyadari bahwa ne...

Read More

Fakta-fakta Unik Di Balik Bulan Juli

Hey Pomoners! Tidak terasa yaa kita sudah memasuki bulan Juli, Ya! Bulan juli sangat akrab dengan libur tengah tahu,. Namu selain itu tahukan kamu bahwa bulan Juli juga memiliki keunikan dan fakta-fakta lain lhoo..     Asal Nama Bulan Juli (sumber:mises.ca)   Asal muasal nama bulan juli diambil dari nama kaisar bangsa Romawi yang sangat terkenal yakni Julius Caesar. Seperti yang diketahui, Julius Caesar adalah salah satu tokoh penting yang menetapkan penanggalan bagi bangsa Romawi dan hingga saat kini kalender tersebut digunakan diseluruh dunia.  Penetapan nama bulan Juli bertujuan untuk menghormati Julius Caesar yang dilakukan pada tahun ke 44 sebelum masehi oleh para petinggi bangsa Romawi.     Terciptanya Bom Atom (sumber:amazons.com)   bom atom pertama yang dirancang oleh Amerika dan merupakan bom atom pertama didunia dibuat dan disetting pada bulan juli...

Hey Pomoners! Tidak terasa yaa...

Read More

Wah, Rugi Banget Kalau Gak Tahu Manfaat Lain dari Pasta Gigi

Siapa sih di sini yang kalau menyikat gigi tidak pakai pasta gig? Pasti Pomoners selalu sedia pasta gigi di wastafel atau kamar mandimu, bukan? Semua orang mengenal pasta gigi sebagai pembersih dan penyegar gigi dan diaplikasikan menggunakan sikat gigi. Lalu apa lagi fungsinya? Bukankah cuma itu? Nah, sayangnya kamu tidak banyak yang tahu bahwa pasti gigi memiliki banyak fungsi selain dari membersihkan gigi itu sendiri. Fungsinya bermacam-macam dan pasti berguna buat kamu. Apa aja ya? Yuk simak di bawah ini:     www.sacramentodentistry.com     Sebagai Gel Rambut   Para kaum Adam sudah tau belum kalau pasta gigi bisa digunakan sebagai gel rambut? Jadi kalau gel rambutmu habis, kamu bisa lho mengakalinya menggunakan pasta gigi.     Menguatkan dan Mencerahkan Kuku   Kalo kamu gak sempet ke salon untuk manicure dan pedicure, kamu...

Siapa sih di sini yang kalau m...

Read More

Keunikan Perayaan Hari Raya Idul Fitri di Dunia

Hey Pomoners! Masih dalam suasana Lebaran nih.. Pasti kamu sedang merasakan hangatnya kebersamaan dengan keluarga yaah.. dalam suasana Lebaran seperti ini memang sangat banyak tradisi yang berlangsung contohnya berkumpul dengan keluarga, tapi Pomoners kamu tau gak sih bahwa masih banyak tradisi-tradisi unik yang terjadi di berbagai belahan dunia untuk merayakan Hari Raya Lebaran.. (pinmig.com) Myanmar   Walaupun tidak memiliki hari libur nasional khusus hari raya Idul Fitri, namun masyarakat Myanmar tetap semarak dalam merayakan bulan Ramadhan. Selama puasa berlangsung, mereka menyelenggarakan acara yang disebut ‘Jago’ atau bangun. Mereka berkeliling menyanyikan lagu popular dari film Hindi dengan lirik yang diganti menjadi Bahasa Burma dan menceritakan tentang puasa. Seru sekali ya Pomoners!     Turki   suasana Lebaran di turki dimeriahkan dengan budaya warga Turki  yang mengantarkan makanan-makanan manis ke rumah tetangga terdakat...

Hey Pomoners! Masih dalam suas...

Read More

Sebelum Jadi Youtuber Baca Ini Dulu Yuk

Hey Pomoners! Kamu sudah lama ingin menjadi seorang Youtuber? Atau sangat tertarik dengan Youtube dan juga konten-konten bermanfaatnya? Mungkin ini saatnya kamu maksimal kan potensi kamu dengan menjadi seorang Youtuber. Bingun bagaimana caranya? Yuk baca artikel ini lebih lanjut   (sumber:jejambu.com)     Konten Channel   Tentukan konten yang ingin kamu buat dalam channel YouTube mu, dan pastikan konten yang kamu buat adalah bidang yang kamu gemari dan juga bermanfaat bagi orang-orang.     Konsisten   Dalam membuat YouTube channel kamu perlu konsisten demi menggapai viewers dan subscriber yang tinggi. Jika kamu konsistem dalam setiap konten yang kamu masukan dalam channel YouTube kamu maka orang-orang akan tertarik dan setia menonton video-video mu.     Kreatif   Kreatif adalah hal yang paling dibutuhkan saat kamu ingin membuat suatu karya di YouTube, jangan sampai kamu dikenal sebagai Youtuber yang...

Hey Pomoners! Kamu sudah lama ...

Read More

Selamat Ulang Tahun, Jakarta!

Selamat ulang tahun teruntuk ibu kota Indonesia, Jakarta.   Hari ini tepat pada tanggal 22 Juni 2017, Jakarta berulang tahun ke 490. Pasti kamu masih ada yang bingung nih kenapa ya umur Jakarta kok udah tua banget? Padahal negaranya sendiri belum mencapai usia ke 100. Ada yang tahu sejarahnya?     indonesia-tourism.com     Usia Jakarta yang sudah mencapai ratusan ini diawali oleh perebutan pelabuhan sunda kelapa oleh Fatahillah pada tahun 1527. Fathillah saat itu mengusir Portugis dari pelabuhan dan mengubah nama Sunda Kelapa menajadi Jayakarta yang artinya kota kemenangan. Lalu pada tahun 1965 ditetapkanlah hari lahir kota Jakarta oleh Sudiro, wali kota Jakarta saat itu. Beliau meneliti tanggal pasti Fatahillah merebut Pelabuhan Sunda Kelapa dan menurut hasil penelitian, Fatahillah merebut Jakarta pada tanggal 22 Juni. Oleh karena...

Selamat ulang tahun teruntuk i...

Read More

Ini Dia Sejarah Dibalik Kelezatan Menu-Menu di McDonald’s!

Hi Pomoners! Saat ini di Indonesia, bukanlah hal yang sulit untuk mencari gerai mekanan cepat saji. Bahkan makanan cepat saji bisa dibilang sebagai pertolongan pertama pada kelaparan. Ketika sedang terburu-buru, kita bisa take away makanan lewat layanan drive thru yang telah disediakan. Lapar di tengah malam, kita dapat dengan mudah memesan makanan cepat saji tanpa menunggu lama lewat layanan delivery. Bahkan ketika kita sibuk mencari tempat yang pas untuk nongkrong, ujung-ujungnya pasti ke gerai makanan cepat saji.     Ngomongin soal makanan cepat saji, pasti Pomoners udah punya jawaban yang sama tentang salah satu makanan cepat saji di Indonesia yang populer banget. Yup! McDonald’s. Siapa sih yang gak suka dengan makanan cepat saji yang satu ini? Mulai dari daging ayam dengan kulit yang...

Hi Pomoners! Saat ini di Indon...

Read More

Kemampuan Luar Biasa Kucing yang Harus Kamu Ketahui!

Hey Pomoners! Kamu salah satu penyayang kucing? Tahukah kamu selain kucing adalah hewan peliharaan yang bersahabat, menggemaskan, dan lucu. Ternayat kucing juga banyak memiliki kemampuan yang unik dan luar biasa lhoo, dan mungkin selama ini kamu belum menyadarinya..   (sumber: rd.com)   Penglihatan Kucing   Kucing memiliki penglihatan yang sangat luar biasa, sangking luar biasanya kucing dapat melihat walaupun dalam kondisi gelap, kemampuanya ini dapat dilakukan karena mata kucing terdapat tapetum lucidum. Organ yang mirip cermin ini dapat memantulkan cahaya yang membantu kucing untuk melihat dalam gelap. Tapetum lucidum ini juga membuat mata kucing dapat menyala di dalam gelap.   Keseimbangan Tubuh Kucing   Jika kamu sering mendapati kucing mu melakukan acrobat seperti memanjat pagar, pohon , dan lain-lain.. jangan heran karena kucing dikaruniai otot serta sendi yang lebih tebal...

Hey Pomoners! Kamu salah satu ...

Read More

Hari Lahir Pancasila: Disatukan Karena Perbedaan

Hi Pomoners! Setelah melewati beberapa tanggal merah di tahun 2017, mungkin Pomoners masih merasa asing dengan tanggal merah hari ini tepatnya di tanggal 1 Juni 2017. Yup! Hari ini memang merupakan hari libur baru bagi Indonesia karena baru saja ditetapkan oleh Bapak Presiden kita Bapak Joko Widodo di tahun 2016 bahwa per tahun ini Indonesia merayakan Hari Lahir Pancasila.   Sebenarnya, hari lahir pancasila sudah ada sejak zaman Soekarno di tahun 1945, hanya tidak dijadikan hari libur. Tepat di tanggal yang sama tahun itu, Soekarno memperkenalkan dasar negara kita yang berisi 5 sila, sesuai dengan namanya: Panca-sila.     presidenri.go.id     Tahun 2016, Bapak Jokowi ingin meng-upgrade pancasila yang sepertinya sudah merapuh di Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Maka sesuai dengan hari diperkenalkannya pancasila kepada...

Hi Pomoners! Setelah melewati ...

Read More

Hari Tanpa Tembakau Sedunia!

(sumber: c.tadst.com)   Hey Pomoners! Selamat Hari Tanpa Tembakau Sedunia yaah.. taukah kamu bahwa tanggal 31 Mei relah ditetapkan sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) ? Ya, Gerakan ini bertujuan untuk menyerukan para perokok agar berpuasa tidak merokok (mengisap tembakau) selama 24 jam serentak di seluruh dunia. Hari ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan. Diperkirakan kebiasaan merokok setiap tahunnya menyebabkan kematian sebanyak 5,4 juta jiwa. Negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencetuskan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini sejak tahun 1987. Dalam satu dasawarsa terakhir, gerakan ini menuai reaksi baik berupa dukungan dari pemerintah, aktivis kesehatan, dan organisasi kesehatan masyarakat, ataupun tentangan dari para perokok, petani tembakau, dan industri rokok.     Selamat Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Ayo belajar hidup...

(sumber: c.tadst.com) &nbsp...

Read More