Top

Hal – Hal Ini Mitos Atau Kenyataan Ya?

Hai Pomoners! hore udah jumat lagi nih, Pomoners udah ada rencana kemana weekend ini? Coba check Pomona App buat liat tempat – tempat seru dan diskon yang ada di Jabodetabek ya biar weekend kalian kali ini menyenangkan. Ngomong – ngomong tentang weekend yang sudah terpampang nyata di depan mata, Mona mau membahas tentang kebalikannya nih yaitu hal – hal yang nggak terpampang depan mata dan belum teruji kebenarannya alias mitos. Tapi taukah kamu kalau ada beberapa mitos yang sebenernya mempunyai alasan yang akurat dan mempunyai landasan teori yang jelas dan teruji? Kali ini Mona mau membahas mengenai mitos ibu – ibu yang sedang mengandung. Mungkin salah satu dari Pomoners ada yang sedang mengandung? Atau mempunyai saudara, kerabat dekat yang sedang mengandung? Nah baca yuk biar tau bahwa sebenernya mitos – mitos ini juga ada benernya, lho.

 

can.istatic.net

 

Suka main sama kucing = anaknya akan mempunyai banyak musuh

 

Untuk pembahasan yang pertama adalah, ada mitos yang mengatakan bahwa kalau ibu hamil tidak boleh bermain dan berdekatan dengan kucing karena kelak anaknya akan mempunyai banyak musuh. Nyatanya, hewan kucing memang dapat menularkan penyakit toksoplasma lewat kotorannya. Dan penyakit toksoplasma itu memang berbahaya bagi ibu yang sedang mengandung karena virus tersebut bisa mengakibatkan kematian bagi bayinya. Tapi tidak semua kucing kok yang bisa menularkan penyakit ini, hanya kucing yang sedang terjangkit penyakit infeksi pada usus halusnya. Jadi, ada benernya juga nih Pomoners kalau ibu yang sedang mengandung tidak dianjurkan untuk terlalu dekat dengan kucing untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

 

 

Duduk di depan pintu = Roh jahat akan mengambil nyawa anak anda

 

Bagi sebagian orang mungkin mitos ini terdengar sangat tidak mungkin ya, tetapi sebenernya mitos ini ada benernya juga lho Pomoners. Karena apabila ibu yang sedang mengandung duduk di depan pintu maka akan mudah masuk angin dan akhirnya sakit yang membahayakan bayi yang sedang dikandungnya. Cuaca yang tidak menentu dan angin yang berlebihan pada depan pintu bisa membuat ibu dan bayinya menjadi kedinginan.

 

 

Menonton film horror = anaknya akan buruk rupa

 

Mitos diatas ada benarnya walaupun bukan menjadikan anak yang di kandung akan menjadi buruk rupa ya Pomoners. Orang sedang mengandung cenderung akan lebih sensitif karena hormon dalam tubuhnya yang berubah ketika mengandung maka dari itu selalu ada batasan khusus untuk wanita hamil untuk melihat dan mengalami sesuatu tentu itu bukan tanpa alasan. Perubahan hormonal ini yang membuat wanita menjadi sangat sensitif, dan apabila terlalu banyak mengalami stress bisa menyebabkan gangguan aliran darah yang membahayakan bagi bayi yang ada dalam perutnya.

 

 

Menjemur baju bayi = bayi terlilit tali pusar

 

Apabila ibu yang sedang mengandung menjemur bayi maka bayi yang dikandungnya akan terlilit tali pusar adalah mitos yang mengajarkan bahwa seorang wanita yang sedang mengandung harus membatasi dirinya membawa beban berat saat menjemur dan mengangkat kedua lengannya. Hal itu membuat ligamen merenggang seiring dengan perbesaran Rahim. Hal ini menyebabkan sendi menjadi lebih longgar namun kurang kuat. Selain itu, perbesaran rahim juga menyebabkan pusat gravitasi tubuh ibu mengandung berubah sehingga, punggung belakang jadi tertekan dan mudah merenggang terutama jika ibu yang mengandung mengangkat sesuatu yang berat.

 

 

Nah itu dia beberapa mitos yang sebenernya ada benarnya juga Pomoners! nggak selamanya semua mitos itu nggak benar lho, ada juga pertimbangan dan teori yang jelas dibalik mitos tersebut. Mungkin orang – orang dulu mengemasnya menjadi sebuah tahayul yang sebenernya bertujuan untuk menjaga seorang ibu mengandung. Jangan lupa share informasi ini ke Facebook lewat Pomona App kamu ya, Pomoners!