Top
ibu rumah tangga atau wanita karir

Ibu Rumah Tangga atau Wanita Karir Ya?

Sebagai wanita yang baru saja menikah, pasti kamu punya rencana sendiri untuk masa depan, baik itu ingin menjadi ibu rumah tangga maupun wanita karir. Namun, pastinya kamu sudah harus bisa memutuskan bersama suami ya! Entah apapun pilihan kamu, pastinya hal tersebut merupakan keputusan terbaik bagi masa depan rumah tangga. Pilihan menjadi ibu rumah tangga atau wanita karir memang jadi dilema besar bagi rata-rata perempuan yang ada di Indonesia. Banyak faktor yang mempengaruhi apakah seorang wanita akan jadi wanita karir atau ibu rumah tangga.

 

 

 

Baca juga: Cara Hemat Ibu Rumah Tangga 2019

 

 

 

Agar kamu bisa lebih jelas apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan tersebut, yuk kita bahas apa saja sih kelebihan dan kekurangan antara ibu rumah tangga atau wanita karir.

 

ibu rumah tangga vs wanita karir

Klikdokter

 

Pergaulan

 

Memang dari segi pergaulan, seorang wanita karir memiliki pergaulan luas dan selalu punya koneksi baru. Bagaimana tidak? Wanita karir akan selalu bertemu dengan orang baru yang berhubungan dengan kerjanya sehingga koneksi wanita karir makin lama akan semakin luas. Ibu rumah tangga cenderung bergaul dengan sekeliling rumah saja, walaupun anggapan ini selalu bisa dibantah. Sebagai ibu rumah tangga, kamu juga bisa memperluas pergaulan dengan menggunakan internet yang bisa menghubungkan orang yang jauh. Nah, masalah pergaulan ini bisa jadi pertimbangan kamu dalam memilih jadi ibu rumah tangga atau wanita karir.

 

Mengatur Keuangan

 

Baik ibu rumah tangga atau wanita karir, rasanya sama-sama bisa mengatur keuangan. Hanya bedanya, wanita karir memiliki pendapatan sendiri sehingga lebih bebas dalam membelanjakan uang, tapi bukan berarti tidak bisa hemat ya. Kalau ibu rumah tangga biasanya punya peran memegang keuangan keluarga dan lebih disiplin dalam menggunakan uang. Kalau akhir minggu, pasti supermarket jadi buruan para wanita, baik itu wanita karir dan ibu rumah tangga. Agar lebih hemat lagi, kamu bisa menggunakan Pomona, yang mengubah struk belanja jadi uang. Caranya mudah, tinggal foto struk belanja, kemudian di upload ke website atau aplikasi Pomona, lalu akan ada cashback yang menanti. Entah itu kamu wanita karir atau ibu rumah tangga, hal ini bisa jadi kesempatan dalam menghemat pengeluaran.

 

Pengetahuan

 

Banyak orang yang mengatakan bahwa menjadi wanita karir sudah pasti punya pengetahuan yang luas. Pernyataan ini tidak salah, tapi seorang ibu rumah tangga juga bisa punya wawasan yang luas. Kalau wanita karir memang dituntut untuk terus menggali hal-hal yang berhubungan dengan kerjanya agar bisa sukses dalam berkarir. Jika ibu rumah tangga? Juga bisa, dengan memanfaatkan internet yang banyak menyimpan berbagai informasi dan pelajaran. Sejak ada internet, siapa saja kini punya wawasan yang luas, tidak terbatas apakah kamu wanita karir atau ibu rumah tangga, tinggal kemauan saja yang mesti ada.

 

Perhatian

 

Dalam hal ini, rasanya ibu rumah tangga lebih unggul. Bagaimana tidak? Ibu rumah tangga selalu punya waktu mengurus anak dan suami sehingga perhatian itu pasti akan ada terus. Bagaimana wanita karir? Seorang wanita karir juga punya perhatian yang sama, tapi kadang waktu yang tidak sebanyak ibu rumah tangga sehingga tidak jarang seorang wanita karir lebih sering berkomunikasi dengan anak atau suami dengan video call. Nah, kalau kamu ibu rumah tangga maka kamu bisa langsung melihat perkembangan anak setiap waktu. Maka dari itu perhatian akan 100% bisa kamu berikan pada keluarga.

 

Menghadapi Masalah

 

Bagaimana seorang ibu rumah tangga atau wanita karir dalam menghadapi masalah? Mungkin keduanya bisa sama-sama menghadapi masalah, tapi wanita karir lebih terbiasa dalam menghadapi masalah besar. Seorang wanita karir sudah terlatih untuk mengatasi setiap masalahnya di tempat kerja sehingga bisa memilah masalah dengan baik. Kalau ibu rumah tangga, biasanya masalahnya tidak akan jauh dari permasalahan pekerjaan rumah atau tumbuh kembang anak. Namun, bukan berarti seorang ibu rumah tangga tidak bisa menghadapi masalah, hanya saja wanita karir mungkin lebih mahir dalam menghadapi masalah yang notabene besar.

 

Itulah beberapa perbedaan mendasar antara ibu rumah tangga vs wanita karir. Kalau kamu masih dilema untuk memilih yang mana, kenapa tidak memilih keduanya saja? Sebelum memiliki anak, kamu bisa mencicipi sebagai wanita karir setelah menikah. Kamu bisa mencoba sesuatu yang baru sebelum memiliki anak sehingga saat anak lahir nanti, kamu sudah siap meninggalkan dunia karir sehingga lebih total saat berpindah menjadi ibu rumah tangga.

 

Tidak ada yang salah dalam memilih ibu rumah tangga atau wanita karir. Tergantung kamu ingin yang mana, yang pasti suami sudah mesti terlibat dalam pilihan kamu tersebut. Misalnya saja wanita karir, kamu bisa menapaki karir setinggi apapun asal kamu tetap bisa membagi waktu dengan keluarga. Bagaimana dengan ibu rumah tangga? Kamu juga bisa menjadi ibu rumah tangga dengan segala macam positif dan negatifnya. Dengan begitu, apapun yang kamu pilih antara ibu rumah tangga atau wanita karir, kedua pilihan tersebut pastilah keputusan terbaik buat keluarga kamu.