Top

Jangan Pernah Lewatkan Ajang Olah Raga Terbesar Di Asia!

Hi Pomoners! Setelah perang dunia II, banyak Negara di asia yang meraih kemerdekaanya, waktu itu banyak Negara – Negara di Asia yang menginginkan sebuah ajang yang menunjukan kalau Asia tidak terkenal dengan kelemahan dan kekerasan. Saat itu juga Asia ingin menunjukan bahwa mereka bisa kuat apabila bersama – sama menjadi satu kesatuan yang saling menopang. Nah udah ketebak kan hari ini Mona mau berbagai informasi tentang apa? Mona mau membahas mengenai ajang olah raga yang diadakan setiap musim panas di Asia, yaitu Asian Games. Tahun ini Negara kita Indonesia, beruntung banget karena bisa menjadi tuan rumah Asian Games ke 18. Bukan baru pertama kalinya lho Indonesia pernah menjadi tuan rumah, tahun 1962 Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah Asian Games. Uniknya, baru pertama kali dalam sejarah, Asian Games diadakan di 2 kota yang berbeda. Tahun ke-18 ini Asian Games akan diadakan di kota Jakarta sebagai ibu kota Negara dan Palembang yang terletak di provinsi Sumatra Selatan. Seperti tahun – tahun sebelumnya, Asian Games akan menyelengggarakan 41 cabang olahraga, terdiri atas 33 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade. Seperti, anggar, angkat besi, renang indah, berkuda, bola basket, dayung dan lain sebagainya.

 

[email protected]

 

Indonesia sudah disetujui sebagai tuan rumah Asian Games ke 18 oleh Olympic Council of Asia yaitu dewan eksekutif yang mempunyai wewenang untuk mengatur Asian Games, pada tanggal 19 September 2014. Tadinya, Asian Games ke 18 akan diadakan di tahun 2019, tetapi karena tahun 2019 Negara kita akan melakukan pemilihan legistatif jadi event besar ini dipercepat satu tahun, Pomoners!

 

4.bp.blogspot.com

 

Ini dia logo yang pada tanggal 28 Juli 2016, diresmikan oleh Badan Ekonomi Kreatif, Komite Olimpiade Indonesia, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia. Maskot ini memiliki arti yaitu Bhin Bhin yang mewakili burung Cendrawasih atau yang disebut burung surga, yang mengenakan rompi dengan motif tradisional Asmat dari Papua, Kawasan Timur Indonesia, yang melambangkan strategi. Atung mewakili Rusa Bawean, mengenakan sarung batik parang dari Indonesia Bagian Tengah, yang melambangkan kecepatan dan optimism. Kaka merupakan Badak Jawa Bercula Satu, yang mengenakan motif bunga dari Songket Palembang yang mewakili Indonesia bagian barat, yang melambangkan kekuatan bangsa. Maskot ini mempunyai nama; Bhin Bhin – Atung – Kaka, suku kata yang apabila digabungkan mempunyai lafal yang sama dengan Bhinneka Tunggal Ika yaitu motto nasional Indonesia yang berarti berbeda – beda tetapi tetap satu.

 

 

Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar 3 triliun rupiah untuk mempersiapkan Asian Games, mulai dari pembangunan arena olah raga, transportasi dan fasilitas penunjang lainnya. Tentu saja, dana yang dibutuhkan ini adalah hasil kerjasama dengan pemerintah – pemerintah daerah juga, Pomoners. Nah, Asian Games ini diharapkan bisa memperkuat solidaritas dan sifat kompetitif atau daya bersaing masyarakat Indonesia. Gimana nih, Pomoners udah siap kan bersama – sama menyambut Asian Games 2018? Kalo Mona sih udah siap banget bersama – sama memeriahkan Asian Games 2018 bersama – sama. Nah, tularin semangat ini ke lingkungan sekitar kalian juga ya Pomoners, jangan lupa juga share artikel ini ke facebook lewat Pomona App kamu untuk menambah point kamu! 😀