Top

Ternyata Ini Caranya untuk Mengetahui Buah yang Sudah Matang!

Hi Pomoners! Siapa di sini yang suka buah-buahan? Seharusnya semua orang menyukai buah ya karena buah adalah makanan manis yang selalu diandalkan sebagai menu hidup sehat! Yup! Buah itu makanan sehat dan lebih sehat lagi kalau kamu mengkonsumsinya dari hasil potonganmu sendiri. Artinya, lebih baik kamu beli buahnya secara utuh lalu kamu cuci dan potong di rumah, daripada membeli buah yang sudah terpotong potong di supermarket atau restoran. Hal ini dikarenakan buah yang sudah terpotong lebih menyimpan banyak kuman akibat sentuhan tangan manusia waktu proses pemotongan. Walaupun buahnya sehat tapi sudah banyak kuman.

 

Jadi saran Mona adalah beli buahnya aja secara utuh ya Pomoners. Tapi kamu harus pintar dalam memilih buah. Artinya kamu harus bisa membedakan mana buah yang sudah matang, mana yang masih mentah, dan mana yang sudah terlalu matang agar kamu bisa menikmati rasa yang terbaik. Di bawah ini adalah tandanya bahwa si buah sudah matang. Yuk disimak:

 

 

Nanas

 

buah1

hawaiiancrown.com

 

Kamu bisa mengetahui bahwa buah nanas sudah terlalu matang ketika buah tersebut lebih beraroma. Buah yang matangnya pas tidak beraroma Pomoners. Daunnya hijau dan layu di atas, warnanya seragam dan ada bercak hitam.

 

 

Mangga

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

mango.org

 

Kamu tidak bisa menentukan kematangan buah mangga lewat warnanya, karena buah mangga memang memiliki beberapa variasi warna. Yang membedakan adalah ketika mangga memiliki sedikit bercak-bercak hitam maka buah itu sudah matang. Semakin keras buahnya maka buah tersebut semakin mentah. Sebaliknya, semakin lunak buah tersebut maka semakin matang.

 

 

Pepaya

 

buah3

evironhealthdrink.com

 

Pepaya yang matang pada umumnya adalah berwarna kuning atau orange. Sementara yang belum matang warnanya masih hijau. Kamu juga harus memperhatikan kelunakan kulitnya. Ketika warnanya sudah benar tetapi masih keras, artinya pepaya belum matang. Bercak hitam yang besar juga menandakan bahwa buah terlalu matang.

 

 

Markisa

 

buah4

4.bp.blogspot.com

 

Buah markisa yang matang akan memiliki kulit yang berkerut. Jika kulitnya masih halus, maka buah itu belum matang. Sebaiknya pilih buah yang sudah berwarna ungu atau kuning karena artinya sudah matang, sementara yang hijau belum matang.

 

 

Alpukat

 

buah5

wikihow.com

 

Alpukat memiliki dua variasi warna yaitu cokelat dan hijau. Jadi kamu tidak bisa menilai kematangan dari warnanya. Cara tepat menentukan buah alpukat yang matang adalah dengan menekan buahnya, jika buahnya lembek maka alpukat sudah matang. Tapi jika hasil penyok yang kamu tekan tidak kembali seperti semula, maka buah alpukatmu sudah terlalu matang.

 

 

Nah itu dia ciri-ciri dan cara untuk menilai kematangan suatu buah. Kamu akan menikmati cita rasa yang pas jika bisa menemukan buah yang tepat. Jadi ayo uji kebolehanmu memilih buah, kamu bisa mencarinya di Ranch Market Grand Indonesia sambil check in menggunakan Pomona App biar sekalian kumpulin poin 😀