Tips Hemat Uang Bulanan Paling Praktis

Tips Hemat Uang Bulanan Paling Praktis

Bagi yang bergaji bulanan, tentu mesti pintar-pintar untuk mengatur uang dalam jangka waktu sebulan. Jika tidak, uang akan habis sebelum waktunya dan tentu akan membuat anda susah untuk memenuhi kebutuhan, khususnya kebutuhan utama. Apalagi hidup di kota besar yang mempunyai biaya hidup tinggi, tentunya jika tidak cerdas dalam mengatur uang bulanan maka pengeluaran dan pemasukan semakin tidak terbendung.

tips hemat uang bulanan
sihemat.com

Ada beberapa tips hemat uang bulanan paling praktis dan tentunya bisa anda menerapkannya saat menerima gaji atau uang bulanan. Apa saja sih cara hemat uang bulanan? Yuk kita langsung bahas di bawah:

 

Bayar Tagihan Tepat Saat Gajian

cara hemat belanja bulanan
goodsidea

Jangan pernah menunda-nunda membayar tagihan apa saja ketika anda menerima gaji atau uang bulanan. Anggaplah uang yang anda keluarkan setiap bulannya untuk membayar tagihan merupakan uang orang lain. Tidak hanya disitu, anda juga mesti memisahkan biaya tagihan dengan uang bulanan pemenuh kebutuhan. Contoh tagihan itu bisa macam-macam, seperti telepon, biaya sewa rumah, listrik, dan masih banyak hal lainnya.

 

Upload Struk Belanja Dapat Cashback

belanja dapat cashback
Kompasiana.com

Tentu anda bertanya-tanya, apa sih maksud dari upload struk dapat cashback? Jadi sekarang ada namanya Pomona.id yang memberikan anda cara hemat uang bulanan praktis dan tentunya mudah. Cara kerjanya sangat mudah sekali, anda hanya tinggal meng-upload struk belanja dari grocery store, lalu meng-upload nya di website Pomona, lalu anda akan mendapatkan cashback dari barang-barang yang anda beli. Promo cashback tentu secara tidak langsung akan membuat anda bisa menghemat uang bulanan karena pada dasarnya anda akan diuntungkan dengan adanya cashback ini. Tentu produk ini bisa jadi tips hemat uang bulanan yang tidak repot ya karena menggunakan kecanggihan teknologi sebagai perantaranya.

 

Punya 2 Rekening

Kumparan.com

Sebagai cara menghemat uang bulanan lainnya adalah dengan menggunakan 2 rekening. Jadi setiap tanggal gajian, anda bisa membagi uang bulanan ke dalam 2 rek ini. Tujuannya apa? Untuk membagi pemakaian uang pada tujuan-tujuan tertentu. Misalkan anda punya rekening bank A yang dikhususkan untuk biaya hidup sehari-hari. Lalu ada rekening bank B yang bisa dimanfaatkan untuk menabung jika nanti pada akhir bulan ternyata uang bulanan untuk kebutuhan sehari-hari tidak cukup. Tapi hal ini juga berhubungan dengan psikologis anda. Ketika anda membagi uang bulanan ke 2 rekening yang berbeda, tentu anda akan terpicu untuk menggunakan uang bulanan dari 1 rekening saja sehingga rekening yang lainnya bisa difokuskan untuk menabung.

 

Buat Anggaran Setiap Bulan

Accela Infinia

Jika anda ingin menghemat uang bulanan secara konsisten dan disiplin, maka membuat perencanaan anggaran bulanan merupakan langkah yang tepat. Pada setiap tanggal gajian, anda bisa membuat daftar kemana saja uang anda akan digunakan. Misalkan uang senilai Rp 2 juta anda persiapkan untuk kebutuhan sehari-hari, kemudian 1 juta untuk membeli kebutuhan sekunder, lalu sisanya bisa ditabungkan.

 

Jangan Terpengaruh Gaya Hidup

dampak gaya hidup mewah
VIVA

Cara hemat uang bulanan yang berikutnya adalah tidak terpengaruh gaya hidup. Tahukah Anda bisa hemat atau borosnya seseorang itu juga ditentukan oleh gaya hidup yang ia jalani. Jika melakukan kebiasaan yang serba “mahal” tentu akan susah untuk berhemat sehingga tidak ada dana yang akan tersimpan untuk masa depan. Maka dari itu salah satu langkah berhemat uang bulanan dengan melakukan gaya hidup yang sesuai dengan uang bulanan.

 

Itulah beberapa cara hemat uang bulanan yang praktis dan mudah. Dengan menjalani segala cara di atas, tentu harapannya anda bisa mengatur uang bulanan jadi lebih efektif dan teratur. Begitu banyak tips hemat dalam mengatur uang bulanan, tergantung anda bagaimana cara menjalaninya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *